rss
twitter
    ''~ Follow my Twitter : @yuriko_yukiro ~''

FAKTA TENTANG IMSAK

Waktu imsak di Indonesia di anggap sebagai waktu memulai nya puasa yaitu berhenti untuk makan dan minum.waktu imsak ini biasanya terjadi 10 menit sebelum sholat subuh,faktanya nih imsak itu hanya terjadi di Indonesia.jadi ada ga nih waktu imsak.yuk kita bahas dengan dalil.
Seperti firman Allah "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar". (QS. Al-Baqarah 178).dari jelas ni waktu imsak bukanlah sebagai batas makan dan minum nya seseorang yang sedang berpuasa,waktu imsak hanyalah sebagai pertanda waktu imsak akan segera datang.begitu lah persepsi yang salah banyak di anut sebagian besar rakyat Indonesia bahwa waktu imsak bukan sebagai batas makan dan minum tetapi sebagai pertanda akan datangnya waktu subuh.

jadi bolehkah makan dan minum pada waktu imsak?
tentu jawabannya adalah boleh ini dalil nya ada lho...........
Disunnahkan mengakhiri waktu makan sahur dengan waktu yang tak jauh dari saat terbit fajar. Telah diriwayatkan dari Anas dari Zaid bin Tsabit, bahwasanya dia pernah berkata:

قُلْنَا لِأَنَسٍ كَمْ كَانَ بَيْنَ فَرَاغِهِمَا مِنْ سَحُورِهِمَا وَدُخُولِهِمَا فِي الصَّلَاةِ قَالَ قَدْرُ مَا يَقْرَأُ الرَّجُلُ خَمْسِينَ آيَةً

Kami bertanya kepada Anas, “Berapa rentang waktu antara selesainya makan sahur hingga keduanya melaksanakan shalat?” Anas bin Malik menjawab, “Kira-kira waktu seseorang membaca lima puluh ayat.”

Hikmah mengikuti Sunnah Nabi dengan mengakhirkan sahur memang banyak manfaatnya bagi tubuh. Diantara hikmahnya adalah:
-Mengikuti sunnah Rosul
-Memulai puasa dengan cadangan energi yang cukup. Hal ini karena kita makan menjelang waktu dimulainya puasa.
-Menjaga pola makan yang teratur. Namun hal ini berkaitan dengan berbukanya nanti. Artinya bahwa bila kita sahur di akhir waktu dan berbuka diawal waktu, maka pengosongan dan pengisian lambung dengan makanan mempunyai interval waktu yang relatif sama. Hal ini sangat bermanfaat agar kenaikan asam lambung tidak melonjak drastis, pengosongan lambung akan teratur, dll. Sehingga kesehatan organ pencernaan akan terjaga.
-Bila setelah sahur tidak tidur lagi, maka sholat subuh akan terjaga dan tidak ketiduran

If You Like This Post, Share it With Your Friends

0 komentar:

Post a Comment

 
Blogger Templates