PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
KETANDOK SUSU JOSS
BIDANG
KEGIATAN :
PKM Kewirausahaan
Disusun oleh
Yuriko
Prastiyo 1311011176 (Angkatan 2013)
Muhammad
Bahrul Ulum 1311011102 (Angkatan 2013)
Aldo
Christian 1414071006
(Angkatan 2014)
Ringkasan
Kegiatan
Ketandok susu joss adalah akronim
dari ketan, ndok dan susu yang berasal dari bahasa jawa yang berarti ketan
telur dan susu. Ketandok susu joss
merupakan makanan ringan yang bahan utamanya adalah ketan, telur dan
susu. selain enak untuk dinikmati oleh semua kalangan juga megandung beberapa
vitamin yang baik untuk tubuh. Ketan sendiri di ketahui mengandung karbohidrat
yatu sebagi pengganti nasi dan sumber tenaga utama dalam tubuh. Telur sendiri
mengandung protein kualitas tinggi yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan
protein dengan nilai biologis tinggi dalam proses pertumbuhan sel tubuh dan
otak. Sedangkan susu dikenal sebagai minuman dengan kandungan vitamin lengkap
yang berfungsi sebagai ‘darah putih’ yang membantu kesehatan manusia
Tujuan utama pemilihan produk ini
adalah makanan ini sangat cocok untuk mahasiswa yang terkadang malas untuk
sarapan pagi. Faktor – faktor penyebab mereka malas untuk sarapan pagi adalah
mereka belum memasak ataupun belum sempat untuk membelinya padahal sarapan pagi
sangat penting untuk sumber energi pada tubuh.kami mensiasati produk yang mudah
dan enak untuk mahasiswa yaitu ketandok susu joss. Makanan ini sangat penting
bagi tubuh karna mengandung vitamin yang di butuhkan oleh tubuh manusia.Selain
membuat kenyang dan rasanya yang enak, produk ini sangat terjangkau oleh
kantong mahasiwa.
Target kami selain kalangan
mahasiswa dan mahasiswi, kami juga membidik siswa baik SD, SMP maupun SMA.
Segmen kelompok pelajar mempunyai pangsa pasar yang besar, selain mereka
mempunyai sifat yang komsumtif juga mereka menyukai hal yang baru.Kelompok
pelajar juga suka makanan yang bersifat manis seperti yang kami buat. Kami juga
membidik masyarakat sekitar, selain untuk memperluas pangsa pasar produk ini
juga untuk memenuhi kebutuhan akan produk yang berguna bagi
masyarakat.Masyarakat sekitar kampus kebanyakan adalah Dosen dan Pekerja
kantor, mereka sering kali tidak sempat melakukan sarapan pagi maka produk kami
membantu masyarakat sekitar yang mempunyai waktu sedikit untuk sarapan dengan
memakan Kejundok susu sebagai pengganti sarapan.
Metode kami dalam mengembangkan
usaha ini adalah dengan cara pengiklanan melalui media pers mahasiswa yang ada
di sekitar kampus agar lebih terkenal.selain itu kami memberikan tehnik ‘coba
rasa’ yaitu pelanggan di beri secara gratis produk kami untuk menarik
pelanggan.yang terakhir kami menggunakan media social seperti facebook, twitter
dll untuk mempromosikan produk agar lebih efisien dan mencangkup masyarakat
luas di sekitar Unila.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Judul
Program
Judul
Program ini adalah: “KETANDOK SUSU JOSS”
.
1.2 Latar Belakang Masalah
KETANDOK SUSU JOSS akronim dari Ketan, ndok dan susu yang dalam bahasa
Indonesia berarti ketan, telur, dan susu. Ketan mengandung karbohidrat serta zat gelatin yang
tinggi yang menyebabkan jika dimasak menjadi lengket satu dengan yang lainnya.
Ketan sendiri mempunyai banyak manfaat seperti penambah darah karna kandungan
zat besi yang tinggi. Bahkan ketan juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi
ginjal dan mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan
diabetes.selain itu banyak manfaat lainnya seperti Mencegah penuaan dini,
membersihkan kolesterol dan detoksifikasi.
NDOK (Telur) adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Kuning telur mengandung vitamin B6, B12, A,
D, E, K dan Asam Folat. Vitamin A, D, E, K hanya terdapat dalam kuning telur.
Bila di putih telur terdapat vitamin A,. Kuning telur dan putih telur
mengandung 13 kandungan mineral. Diantaranya kalsium, magnesium,
besi, potasium, sodium, dan selenium . Telur sendiri juga mengandung zat karotenoid
yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain zat-zat di atas, kuning telur juga
mengandung zat nutren bernama kolin yang membantu meregulasi fungsi
kardiovaskuler.
Sedangkan
susu sendiri mempunyai kandugan diantaranya DHA (Docosahexanoic Acid), AA atau ARA (Arachodonic Acid), Taurin, Kolin, Prebiotik,
Probiotik, Nukleotida, Glukosamin, Ekstrak sayuran dan buah.
Sedangkan manfaat yang terkandung dalam susu diantaranya adalah mengurangi
resiko hipertensi dan juga penyakit jantung, Sebagai nutrisi alami yang
seimbang, menghaluskan kulit dan melancarkan pencernaa.
Melihat
manfaat dari KETANDOK SUSU JOSS membuat kami mejadi yakin akan menjalankan
usaha ini, kandungan gizi dan manfaat dari ketiga bahan tersebut kami rasa
cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari – hari. Selain mempunyai manfaat
yang besar bagi tubuh KETANDOK SUSU JOSS juga merupakan makanan yang mempunyai
rasa yang khas dari produk lainnya sehingga lebih di sukai konsumen.
1. 3 Perumusan Masalah
Dengan mempertimbangkan latar belakang dan
realita yang ada, yang menjadi persoalan utama adalah bagaimana menciptakan
suatu alternatif makanan yang diproduksi dengan cara modern namun tetap dapat
mencukupi kebutuhan gizi,Target pasar dari produk ini adalah generasi muda dan
pelajar secara khusus, dan masyarakat secara umum .KETANDOK SUSU JOSS merupakan
solusi bagi masalah di atas, selain mengandung gizi tinggi juga untuk camilan
yang sangat enak. Selain itu KETANDOK SUSU JOSS juga terjangkau untuk kantong
mahasiswa maupun masyarakat luas.
1.
4 Tujuan Program
Adapun
beberapa tujuan dari program kami antara lain :
1. Mendapatkan keuntungan dari
hasil usaha.
2. Memberi nilai tambah pada Ketan,
telur dan susu.
3.
Memberikan produk yang enak, bergizi dan murah menarik dan dapat menyesuaikan
dengan modernisasi
4. Mendirikan usaha mandiri
1. 5 Luaran Yang
Diharapkan
Menjadikan
makanan yang dinikmati segala usia serta menjadi makanan khas yang dapat
dikembangkan. Selain itu kami menginginkan usaha ini mempunyai beberapa outlet
untuk memasarkan produk ini.
1.
6 Manfaat Program
1.
Bagi Perguruan Tinggi:
Menjadi
basis makanan olahan yang bergizi, enak dan murah, selain itu dapat menumbuhkan
semangat inovasi dari mahasiswa lain
dalam berwirausaha dan berkreasi dalam berbagai hal. Inovasi ini dapat
mengembangkan daya pikir mahasiswa dan sikap wirausahawan muda untuk membantu
mengurangi pengangguran di masyarakat dan ini berdampak pada nama baik
universitas
2. Bagi Mahasiswa:
Program
kewirausahaan ini mampu melatih kemampuan
para mahasiswa dalam berwirausaha
serta pengembangan minat dan bakat. Mahasiswa dalam hal bisnis. mahasiswa
dilatih untuk saling bekerjasa dan inovatif dalam mengembangkan usahanya
3. Bagi Masyarakat:
Jika
produk ini lancer maka akan berdampak positif bagi masyarakat,kami dapat menyerap
tenaga kerja dari masyarakat dan mamp mengembangkan masyarakat tersebut dari
hasil penjualan KETANDOK SUSU JOSS.
BAB II
GAMBARAN
UMUM RENCANA USAHA
2.1
Produk
KETANDOK SUSU JOSS sendiri makanan yang unik yang
jarang di temui di pasaran, jika pun ada di pasaran tetapi belum ada kreasi
yang dilakukan. Ide ini berasal dari salah satu anggota lalu kami berencana
menjadikannya sebuah bisnis kuliner. Kami terdiri dari 2 jurusan dan tahun
angkatan yang berbeda yang akan menjadikan bisnis ini semakin maju dan saling
melengkapi.Kami memiliki berbagai variasi produk di antaranya sebagai berikut.
NO
|
NAMA PRODUK
|
HARGA
|
1
|
KETASU
TELA PUTIH (Ketandok susu telur ayam ,ketan putih)
|
Rp.3.000,00/mika
|
2
|
KETASU
TELA HITAM
(Ketandok susu telur ayam, ketan hitam)
|
Ro.4.000,00/mika
|
3
|
KETASU
TELA OPLOS (Ketandok susu telur ayam, ketan putih+ketan
hitam)
|
Rp.3.500,00/mika
|
4
|
KETASU
TEBE PUTIH
(Ketandok susu telur bebek, ketan putih)
|
Rp.3.000,00/mika
|
5
|
KETASU
TEBE HITAM
(Ketandok susu telur bebek, ketan hitam)
|
Ro.4.000,00/mika
|
6
|
KETASU
TEBE OPLOS
(Ketandok susu telur bebek, ketan pitih + ketan hitam)
|
Rp.3.500,00/mika
|
2.1
Lokasi Usaha
Kami
berencana menyewa sebuah tempat untuk produksi, pusat penjualan dan pusat
administrasi di Kampung Baru sekitar Kampus Universitas Lampung. Lokasi ini
kami anggap strategis karna disini banyak tempat kos mahasiswa Universitas
Lampung, selain itu lokasi ini ramai setiap harinya karna terletak di pinggir
jalan tempat lalu lalang mahasiswa setiap harinya. Inilah factor yang membuat
kami mengembangkan produk ini.
2.3 Analisis usaha
Analisis terhadap produk yang akan
kami jual adalah
a.
Strength (Kekuatan)
Kemampuan yang dimiliki adalah:
1) Bahan baku mudah diperoleh
2) Belum ada penjual produk di sekitar kampus UNILA
3) Proses pembuatannya cukup mudah
4) Makanan yang
bergizi dan rasa yang enak sehingga menarik konsumen
b.
Weakness (Kelemahan)
1)
Kekurangan yang
dimiliki adalah kurangnya kemampuan manajerial
2) Produk
kurang bias bertahan lama
c.
Opportunities (Peluang)
Faktor eksternal yang mendukung
kelancaran bisnis antara lain:
1) Masyarakat di lingkungan sekitar kampus UNILA yang cenderung konsumtif
2)
Daya beli masyarakat yang relatif tinggi
3)
Belum ada pesaing
d.
Threat (Hambatan)
Faktor eksternal yang harus diatasi adalah
kepercayaan masyarakat tentang kelayakan konsumsi masih kurang.
2.4 Perencanaan Pemasaran
Strategi
yang akan kami terapkan dalam usaha kami adalah :
a).
STP (Segmentation, targetting & Positioning)
Segmentasi
Segmentasi
adalah proses pengelompokan konsumen berdasarkan potensial penawaran produk
yang berbeda beda.
Pangsa pasar dibagi menjadi tiga
segmen yaitu :
1)
Kelompok Mahasiswa
Segmen
ini (mahasiswa UNILA) menjadi andalan kami karena merupakan pangsa pasar yang
besar dengan jumlah kurang lebih 35.000 orang mahasiswa. Selain itu, faktor
lokasi produksi yang berada di area kampus sehingga menjadi kelebihan
tersendiri dalam kegiatan survei, promosi dan pemasaran produk.
2)
Kelompok Pelajar
Segmen
lain adalah pelajar yang ada di sekitar kampus UNILA. Segmen ini memiliki
pangsa pasar yang tak kalah besar. Terlebih lagi mereka yang cenderung
konsumtif dan menyukai hal yang baru. Selain itu, jenis produk ini bisa
dijadikan suatu makanan yang disukai oleh para pelajar.
3)
Kelompok Sekitar
Segmen
ini terdiri dari para Dosen, warga lingkar kampus dan masyarakat umum di
sekitar Kampus UNILA.
·
Targetting
Target
utama pemasaran produk ini adalah yaitu kelompok mahasiswa dan pelajar. Hal ini
didasarkan pada fakta bahwa kelompok pertama dan kedua memilki ukuran pasar
yang besar, dan perkiraan bahwa segmen ini memiliki kebutuhan atas manfaat dari
produk tersebut. Sedangkan segmen yang ketiga, yaitu masyarakat umum.
Positioning
Pelanggan melihat produk kami sebagai produk yang bermanfaat, sebagai
pengganti sarapan dan juga Makanan yang bergizi.
2. Marketing Mix
·
Produk
Produk
berupa olahan ketan, telur susu yang kami beri nama KETANDOK SUSU JOSS dengan
rasa yang beragam ragam seperti susu putih, coklat, strawberry, vanilla dan
keju serta dikemas menarik dan mewah. Keunggulan produk kami adalh kandungan zat gizi yang mampu memenuhi
kebutuhan energy sementara konsumen, mengganjal lapar dan pengganti sarapan.
·
Harga
Produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp.3.000,00 sampai dengan
Rp.4.000.000 per bungkus.
·
Tempat
Dalam
memasarkan produk, maka dipilih beberapa tempat di daerah sekitar kampus
Universitas Lampung. Penentuan lokasi pemasaran didasarkan pada kriteria
sebagai berikut : strategis, keramaian lokasi, dan pengeluaran biaya sekecil
mungkin yang dikeluarkan. Berdasarkan kriteria tersebut kami menetapkan
beberapa lokasi pemasaran produk kami, yaitu :
1)
Kantin Fakultas
Setiap
Fakultas memiliki kantin yang selalu ramai dengan aktifitas mahasiswa, baik
yang makan, minum ataupun hanya sekedar duduk duduk. Tempat ini merupakan
tempat yang sangat strategis bagi kemajuan dan
pemasaran produk kami.
2)
Kantin Sekolah
Kantin
sekolah yang kami maksud adalah kantin sekolah yang ada di sekitar lingkar
kampus UNILA. Dilihat dari jumlah para siswanya yang cukup besar, maka kantin
sekolah merupakan salah satu pilihan tempat pemasaran yang baik.
3)
Warung Makan.
.
Diluar kampus UNILA terdapat banyak tempat untuk makan untuk mahasiswa, tempat
ini selalu ramai di kunjungi.kami akan menitipkan produk ini di warung makan
tersebut untuk memasarkan produk tersebur
4)
Swalayan
Swalayan merupakan gerbang untuk
memasuki pasar umum secara luas. Kelompok kami berencana untuk memasarkan
produk kami di swalayan-swalayan yang ada disekitar kampus UNILA.
·
Promosi
Promosi
merupakan senjata utama dalam pemasaran produk. Hal ini disebabkan perlunya
pengenalan awal pada produk yang tergolong baru ini kepada masyarakat. Hal hal
yang akan kami lakukan dalam rangka promosi produk kami adalah :
1) Pemberian
informasi secara langsung (direct promotion)
2) Pemberian informasi secara tidak
langsung (undirect promotion).
Pemberian informasi secara tidak
langsung dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan diantaranya yaitu, beriklan
di radio kampus (Rakanila FM), pemasangan spanduk, penyebaran poster, dan penyebaran
pamflet serta leaflet. Tak lupa kami juga memanfatkaan media social untuk
sarana promosi
2.5
Analisis Kelayakan Usaha
Investasi
awal yang diperlukan (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
|
Kuantitas
|
Harga Satuan(Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Wajan
|
2 Buah
|
27.500
|
55.000
|
Ember besar
|
2 Buah
|
23.500
|
47.000
|
Kompor Gas
|
2 Buah
|
225.000
|
450.000
|
Tabung Gas
|
2 Buah
|
195.000
|
395.000
|
Nampan besar
|
8 Buah
|
12.500
|
100.000
|
Pisau kue
|
2 Buah
|
15.000
|
30.000
|
Lap Kain
|
2 Buah
|
12.000
|
24.000
|
Galon Air
|
7 Buah
|
55.000
|
285.000
|
Alat Pemipih
|
2 Buah
|
5.500
|
11.000
|
Serok
|
2 Buah
|
8.000
|
16.000
|
Sutil
|
2 Buah
|
7.500
|
15.000
|
Mika
|
200 Buah
|
250
|
50.000
|
Sendok Plastik
|
200 Buah
|
100
|
20.000
|
Straples dan isi
|
2 Buah
|
25.000
|
50.000
|
SUB
TOTAL(Rp.)
|
3.793.000
|
Biaya yang diperlukan (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
|
Kuantitas
|
Harga Satuan(Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Ketan Putih
|
75 Kg
|
21.500
|
1.612.500
|
Ketan hitam
|
50 Kg
|
25.000
|
1.875.000
|
Santan Kelapa super
|
75 Kg
|
5.500
|
412.500
|
Gula Putih
|
20 Kg
|
13.000
|
165.000
|
Air Galon
|
7 Buah
|
13.000
|
91.000
|
Telur ayam
|
10 Kg
|
18.000
|
180.000
|
Telur bebek
|
10 Kg
|
19.500
|
195.000
|
Susu putih
|
5 kaleng
|
9.500
|
47.500
|
Susu coklat
|
5 kaleng
|
10.000
|
50.000
|
Susu rasa-rasa
|
25 pak
|
18.500
|
462.500
|
Keju
|
5 Pak
|
16.500
|
82.500
|
Minyak goring
|
25 kg
|
13.000
|
325.000
|
Banner
|
5 Buah
|
145.000
|
725.000
|
Pamflet
|
150 Lbr
|
1.250
|
187.500
|
Air dan listrik
|
1 bulan
|
500.000
|
500.000
|
Total (Keseluruhan)
|
3.423,500
|
Penyusutan Aktiva per bulan (dalam
rupiah)
No
|
Nama Aktiva
|
Umur Ekonomis (Tahun)
|
Penyusutan
|
1
|
Wajan
|
7
|
200,00
|
2
|
Ember
|
2
|
100,00
|
3
|
Kompor Gas
|
4
|
600,00
|
4
|
Tabung gas
|
4
|
500,00
|
5
|
Nampan
|
2
|
300,00
|
6
|
Pisau
|
3
|
400,00
|
7
|
Serok
|
2
|
200,00
|
8
|
Panci
|
3
|
500,00
|
9
|
Alat Pemipih
|
2
|
100,00
|
10
|
Gallon Air
|
300,00
|
|
Jumlah Penyusutan per bulan
|
3.200,00
|
Analisis
Pendapatan dan Keuangan
Produksi
satu bulan = 3.000
bungkus
Produksi 1 tahun 12x500 = 36.000 bungkus
Harga dan Hasil penjualan 1 tahun (dalam rupiah)
No
|
Produk
|
Harga
|
Jumlah
|
Total
|
1
|
KETASU TELA PUTIH
|
3.000,00
|
600
|
1.800.000,00
|
2
|
KETASU TELA
|
4.000,00
|
500
|
2.000.000,00
|
3
|
KETASU TELA OPLOS
|
3.500,00
|
400
|
1.400.000,00
|
4
|
KETASU TEBE PUTIH
|
3.000,00
|
600
|
1.800.000,00
|
5
|
KETASU TEBE HITAM
|
4.000,00
|
500
|
2.000.000,00
|
6
|
KETASU TEBE OPLOS
|
3.500,00
|
400
|
1.400.000,00
|
Total
|
10.400.000,00
|
Total
Biaya operasional 1 tahun = 12 x Rp.
3.423.500,00
= Rp.41.082.000,00
Keuntungan = Rp.10.400.000,00 – Rp.3.423.500,00
=Rp6.976.500,00
a. BEP (Break Even Point)
BEP volume
Poduksi = Total biaya operasional
Harga
jual
= Rp. 3.423.500,00
Rp.3.500,00
= 978.14
Catatan
: Rp.3.500,00
didapat
dari harga rata-rata produk. Jadi tingkat volume produksi 978.14 produk usaha ini berada
pada titik impas
b. BEP Harga Produksi
= Total biaya Operasional
volume
produksi
= Rp.
3.423.500,00
978.14
= Rp 3.500
Jadi pada tingkat harga Rp 3.500 usaha ini berada pada titik
impas.
c. ROI (Return On
Investment) = Keuntungan x 100%
Total biaya operasional
=
Rp6.976.500,00
x
100%
Rp3.423.500,00
=
2,03 %
Usaha ini
layak untuk dikembangan karena setiap pembiayaan sebesar Rp 100,00 diperoleh
keuntungan sebesar Rp 2,03 %
d. Perhitungan
Pengembangan Modal
Pengembalian Modal = Keuntungan+ Residu x 100%
Jumlah
modal invesasi awal
= Rp6.976.500,00+ Rp 3.200,00x 100%
Rp. 3.793.000,00
= 184,01 %
Artinya modal usaha
ini akan terlunasi sebesar 184,01 % per
bulan. Berdasarkan
perhitungan
analisis kelayakan diatas maka investasi tersebut layak dilaksanakan.
BAB III
METODE PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan program dibagi menjadi beberapa
tahap, yaitu :
Tahap 1 Melakukan Koordinasi dengan Suplier
Saya disini mencari supplier yang bisa menjualkan bahan bakunya
dengan harga yang relative murah dan persediannya pun bisa diandalkan
sewaktu-waktu.
Tahap 2 Pembidikan Segmen Pasar
Konsumen sangat menginginkan inovasi dari sebuah produk.Selain itu
konsumen menginginkan produk yang enak dan murah.Untuk itulah kami menawarkan
produk yang bergizi, enak dan murah.
Tahap 3 Produksi.
Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Pembuatan KETANDOK SUSU JOSS
adalah:
Alat
·
Wajan
·
Ember
·
Kompor gas
·
Tabung gas
·
Nampan
·
Panci
·
Sendok plastik
·
Mika
·
Pisau
·
Lap Kain
·
Gallon Air
·
Alat Pemiipih
·
Serok
Bahan
·
Ketan Putih
·
Santan Kelapa
·
Gula Putih
·
Air Galon
·
Telur
·
Susu
·
Keju
·
Vanilla
Proses
pembuatan
·
Cuci ketan sampai bersih
kemudian kukus hingga matang
·
Rebuslah santan hingga mendidih
kemudian campur dengan garam dan gula setelah itu masukkan ketan yang telah di
kukus, aduk menjadi adonan yang siap di cetak.
·
Tuangkan ketan yang telah
menjadi adonan ke dalam nampan.
·
Tunggu sampai mendingin dan
potong-potong menjadi persegi kecil
·
Goreng telur menjadi dadar dan
potong menjadi bagian kecil.
·
Untuk KETANDOK SUSU JOSS
goring, setelah dipotong-potong goring hingga berwarna kuning kecoklatan
·
Setelah itu masukkan ke dalam
mika dan taburkan potongan-potongan telur yang telah di goreng.
·
Setelah itu masukkan susu aneka
rasa dan sendok kecil ke dalam mika.
·
Tutup mika dan steples agar
tidak terbuka lagi kembali
·
KETANDOK SUSU JOSS siap di
jual.
BAB
IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Anggaran Biaya
No
|
Jenis Pengeluaran
|
Biaya (Rp)
|
1
|
Peralatan Penunjang
|
3.793.000
|
2
|
Bahan Habis Pakai
|
5.593.500
|
3
|
Perjalanan
|
162.500
|
4
|
Lain-Lain
|
1.412.500
|
Jumlah
|
10.961.000
|
4.2 Jadwal Kegiatan
Kegiatan
|
Bulan
|
||||||||||||
No
|
Uraian
|
1
|
2
|
3
|
|||||||||
1
|
Persiapan kegiatan dan perencanaan kebutuhan produksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pengadaan
kebutuhan bahanbahan
Produksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengadaan peralatan produksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Penyiapan lokasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Produksi KETADOK SUSU dan pengemasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Pemasaran produk dan promosi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Pembuatan laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUSTIFIKASI ANGGARAN KEGIATAN
1.Peralatan Penunjang (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
|
Justifikasi pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
Wajan
|
Alat untuk menggoreng produk
|
2
Buah
|
27.500
|
55.000
|
Ember besar
|
Mencuci dan merendam ketan
|
2
Buah
|
23.500
|
47.000
|
Kompor Gas
|
Sebagai media untuk menggoreng produk
|
2
Buah
|
225.000
|
450.000
|
Tabung Gas
|
Bahan bakar untuk kompor gas
|
2
Buah
|
195.000
|
395.000
|
Nampan besar
|
Mencetak ketan
|
8
Buah
|
12.500
|
100.000
|
Pisau kue
|
mengiris produk setelah di cetak
|
2
Buah
|
15.000
|
30.000
|
Lap Kain
|
Membersihkan mika pembungkus produk
|
2
Buah
|
12.000
|
24.000
|
Galon Air
|
untuk menampung air matang
|
7
Buah
|
55.000
|
285.000
|
Alat Pemipih
|
Untuk memipihkan
|
2
Buah
|
5.500
|
11.000
|
Serok
|
Untuk mengangkat hasil penggorengan
|
2
Buah
|
8.000
|
16.000
|
Sutil
|
Alat untuk membalik pada saat penggorengan
|
2
Buah
|
7.500
|
15.000
|
Mika
|
Pembungkus produk setelah jadi
|
200
Buah
|
250
|
50.000
|
Sendok Plastik
|
Dimasukkan kedalam mika bersana produk
|
200
Buah
|
100
|
20.000
|
Straples dan isi
|
Menstraples mika
|
2
Buah
|
25.000
|
50.000
|
SUB
TOTAL(Rp.)
|
3.793.000
|
2. Bahan Habis Pakai
(dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
|
Justifikasi pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
Ketan Putih
|
Bahan baku KETANDOK SUSU
|
75 Kg
|
21.500
|
1.612.500
|
Ketan hitam
|
Bahan baku KETANDOK SUSU
|
50 Kg
|
25.000
|
1.875.000
|
Santan Kelapa super
|
Bahan adonan ketan
|
75 Kg
|
5.500
|
412.500
|
Gula Putih
|
Pemanis
|
20 Kg
|
13.000
|
165.000
|
Air Galon
|
Merebus ketan dan santan
|
7 Buah
|
13.000
|
91.000
|
Telur ayam
|
Bahan tabur ketan
|
10 Kg
|
18.000
|
180.000
|
Telur bebek
|
Bahan tabur ketan
|
10 Kg
|
19.500
|
195.000
|
Susu putih
|
Bahan adonan ketan putih dan santan
|
5 kaleng
|
9.500
|
47.500
|
Susu coklat
|
Bahan adonan ketan merah dan santan
|
5 kaleng
|
10.000
|
50.000
|
Susu rasa-rasa
|
Varian rasa KETANDOK SUSU JOSS
|
25 pak
|
18.500
|
462.500
|
Keju
|
Varian rasa
|
5 Pak
|
16.500
|
82.500
|
Minyak goring
|
Menggoreng KETANDOK SUSU JOSS
|
25 kg
|
13.000
|
325.000
|
SUB
TOTAL(Rp.)
|
5.593.000
|
3. Perjalanan
(dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
|
Justifikasi pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
Bensin
|
Perjalanan membeli bahan baku
|
25 Liter
|
6.500
|
162.500
|
SUB
TOTAL(Rp.)
|
162.500
|
4. Lain-lain (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
|
Justifikasi pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
Banner
|
Sebagai media promosi
|
5 Buah
|
145.000
|
725.000
|
Pamflet
|
Sebagai media promosi
|
150 Lbr
|
1.250
|
187.500
|
Air dan listrik
|
Pendukung proses penjulan
|
1 bulan
|
500.000
|
500.000
|
SUB
TOTAL(Rp.)
|
1.412.500
|
|||
Total
(Keseluruhan)
|
11.141.000
|
SUSUNAN ORGANISASI TIM KEGIATAN DAN PEMBAGIAN TUGAS
NO
|
NAMA
|
PROGRAM STUDI
|
BIDANG ILMU
|
ALOKASI WAKTU
(jam/minggu)
|
URAIAN TUGAS
|
1
|
Yuriko
Prastiyo
|
Manajemen
|
Manajemen
|
6 jam/minggu
|
Penanggung
jawab Pengadaan alat dan bahan, penjualan produk dan laporan pertanggung
jawaban.
|
2
|
Muhammsa
Bahrul Ulum
|
Manajemen
|
Manajemen
|
6 jam/minggu
|
Penanggung
jawab pembuatan produk ,evaluasi perkembangan usaha,dan evalusi kegiatan
|
3
|
Aldo Christian
|
Tehnik
Pertanian
|
Tehnik
Pertanian
|
6 jam/minggu
|
PJ. Persiapan dan survey pasar
|
0 komentar:
Post a Comment