rss
twitter
    ''~ Follow my Twitter : @yuriko_yukiro ~''

PKM Kewirausahaan : KETANDOK SUSU JOSS

 

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
KETANDOK SUSU JOSS


BIDANG KEGIATAN :
PKM Kewirausahaan


Disusun oleh
Yuriko Prastiyo                    1311011176 (Angkatan 2013)
Muhammad Bahrul Ulum  1311011102 (Angkatan 2013)
Aldo Christian                       1414071006 (Angkatan 2014)


Ringkasan Kegiatan

            Ketandok susu joss adalah akronim dari ketan, ndok dan susu yang berasal dari bahasa jawa yang berarti ketan telur dan susu. Ketandok susu joss  merupakan makanan ringan yang bahan utamanya adalah ketan, telur dan susu. selain enak untuk dinikmati oleh semua kalangan juga megandung beberapa vitamin yang baik untuk tubuh. Ketan sendiri di ketahui mengandung karbohidrat yatu sebagi pengganti nasi dan sumber tenaga utama dalam tubuh. Telur sendiri mengandung protein kualitas tinggi yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan protein dengan nilai biologis tinggi dalam proses pertumbuhan sel tubuh dan otak. Sedangkan susu dikenal sebagai minuman dengan kandungan vitamin lengkap yang berfungsi sebagai ‘darah putih’ yang membantu kesehatan manusia

            Tujuan utama pemilihan produk ini adalah makanan ini sangat cocok untuk mahasiswa yang terkadang malas untuk sarapan pagi. Faktor – faktor penyebab mereka malas untuk sarapan pagi adalah mereka belum memasak ataupun belum sempat untuk membelinya padahal sarapan pagi sangat penting untuk sumber energi pada tubuh.kami mensiasati produk yang mudah dan enak untuk mahasiswa yaitu ketandok susu joss. Makanan ini sangat penting bagi tubuh karna mengandung vitamin yang di butuhkan oleh tubuh manusia.Selain membuat kenyang dan rasanya yang enak, produk ini sangat terjangkau oleh kantong mahasiwa.
            Target kami selain kalangan mahasiswa dan mahasiswi, kami juga membidik siswa baik SD, SMP maupun SMA. Segmen kelompok pelajar mempunyai pangsa pasar yang besar, selain mereka mempunyai sifat yang komsumtif juga mereka menyukai hal yang baru.Kelompok pelajar juga suka makanan yang bersifat manis seperti yang kami buat. Kami juga membidik masyarakat sekitar, selain untuk memperluas pangsa pasar produk ini juga untuk memenuhi kebutuhan akan produk yang berguna bagi masyarakat.Masyarakat sekitar kampus kebanyakan adalah Dosen dan Pekerja kantor, mereka sering kali tidak sempat melakukan sarapan pagi maka produk kami membantu masyarakat sekitar yang mempunyai waktu sedikit untuk sarapan dengan memakan Kejundok susu sebagai pengganti sarapan.
            Metode kami dalam mengembangkan usaha ini adalah dengan cara pengiklanan melalui media pers mahasiswa yang ada di sekitar kampus agar lebih terkenal.selain itu kami memberikan tehnik ‘coba rasa’ yaitu pelanggan di beri secara gratis produk kami untuk menarik pelanggan.yang terakhir kami menggunakan media social seperti facebook, twitter dll untuk mempromosikan produk agar lebih efisien dan mencangkup masyarakat luas di sekitar Unila.


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Judul Program
Judul Program ini adalah: “KETANDOK SUSU JOSS” .
1.2  Latar Belakang Masalah
KETANDOK SUSU JOSS akronim dari Ketan, ndok dan susu yang dalam bahasa Indonesia berarti ketan, telur, dan susu. Ketan mengandung karbohidrat serta zat gelatin yang tinggi yang menyebabkan jika dimasak menjadi lengket satu dengan yang lainnya. Ketan sendiri mempunyai banyak manfaat seperti penambah darah karna kandungan zat besi yang tinggi. Bahkan ketan juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes.selain itu banyak manfaat lainnya seperti Mencegah penuaan dini, membersihkan kolesterol dan detoksifikasi.
NDOK (Telur) adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Kuning telur mengandung vitamin B6, B12, A, D, E, K dan Asam Folat. Vitamin A, D, E, K hanya terdapat dalam kuning telur. Bila di putih telur terdapat vitamin A,. Kuning telur dan putih telur mengandung 13 kandungan mineral. Diantaranya kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium, dan selenium . Telur sendiri juga mengandung zat karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain zat-zat di atas, kuning telur juga mengandung zat nutren bernama kolin yang membantu meregulasi fungsi kardiovaskuler.
Sedangkan susu sendiri mempunyai kandugan diantaranya DHA (Docosahexanoic Acid), AA atau ARA (Arachodonic Acid), Taurin, Kolin,  Prebiotik,  Probiotik, Nukleotida, Glukosamin,  Ekstrak sayuran dan buah. Sedangkan manfaat yang terkandung dalam susu diantaranya adalah mengurangi resiko hipertensi dan juga penyakit jantung, Sebagai nutrisi alami yang seimbang, menghaluskan kulit dan melancarkan pencernaa.
Melihat manfaat dari KETANDOK SUSU JOSS membuat kami mejadi yakin akan menjalankan usaha ini, kandungan gizi dan manfaat dari ketiga bahan tersebut kami rasa cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari – hari. Selain mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh KETANDOK SUSU JOSS juga merupakan makanan yang mempunyai rasa yang khas dari produk lainnya sehingga lebih di sukai konsumen.


1. 3 Perumusan Masalah
     Dengan mempertimbangkan latar belakang dan realita yang ada, yang menjadi persoalan utama adalah bagaimana menciptakan suatu alternatif makanan yang diproduksi dengan cara modern namun tetap dapat mencukupi kebutuhan gizi,Target pasar dari produk ini adalah generasi muda dan pelajar secara khusus, dan masyarakat secara umum .KETANDOK SUSU JOSS merupakan solusi bagi masalah di atas, selain mengandung gizi tinggi juga untuk camilan yang sangat enak. Selain itu KETANDOK SUSU JOSS juga terjangkau untuk kantong mahasiswa maupun masyarakat luas.

1. 4 Tujuan Program
Adapun beberapa tujuan dari program kami antara lain :
1. Mendapatkan keuntungan dari hasil usaha.
2. Memberi nilai tambah pada Ketan, telur dan susu.
3. Memberikan produk yang enak, bergizi dan murah menarik dan dapat menyesuaikan dengan modernisasi
4. Mendirikan usaha mandiri

1. 5 Luaran Yang Diharapkan
Menjadikan makanan yang dinikmati segala usia serta menjadi makanan khas yang dapat dikembangkan. Selain itu kami menginginkan usaha ini mempunyai beberapa outlet untuk memasarkan produk ini.

1. 6 Manfaat  Program
1. Bagi Perguruan Tinggi:
Menjadi basis makanan olahan yang bergizi, enak dan murah, selain itu dapat menumbuhkan semangat inovasi dari mahasiswa lain  dalam berwirausaha dan berkreasi dalam berbagai hal. Inovasi ini dapat mengembangkan daya pikir mahasiswa dan sikap wirausahawan muda untuk membantu mengurangi pengangguran di masyarakat dan ini berdampak pada nama baik universitas
2. Bagi Mahasiswa:
Program kewirausahaan ini mampu melatih kemampuan  para  mahasiswa dalam berwirausaha serta pengembangan minat dan bakat. Mahasiswa dalam hal bisnis. mahasiswa dilatih untuk saling bekerjasa dan inovatif dalam mengembangkan usahanya
3. Bagi Masyarakat:
Jika produk ini lancer maka akan berdampak positif bagi masyarakat,kami dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat dan mamp mengembangkan masyarakat tersebut dari hasil penjualan KETANDOK SUSU JOSS.


BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

2.1 Produk
KETANDOK SUSU JOSS sendiri makanan yang unik yang jarang di temui di pasaran, jika pun ada di pasaran tetapi belum ada kreasi yang dilakukan. Ide ini berasal dari salah satu anggota lalu kami berencana menjadikannya sebuah bisnis kuliner. Kami terdiri dari 2 jurusan dan tahun angkatan yang berbeda yang akan menjadikan bisnis ini semakin maju dan saling melengkapi.Kami memiliki berbagai variasi produk di antaranya sebagai berikut.

NO
NAMA PRODUK
HARGA
1
KETASU TELA PUTIH  (Ketandok susu telur ayam ,ketan putih)
Rp.3.000,00/mika
2
KETASU TELA HITAM (Ketandok susu telur ayam, ketan hitam)
Ro.4.000,00/mika
3
KETASU TELA OPLOS  (Ketandok susu telur ayam, ketan putih+ketan hitam)
Rp.3.500,00/mika
4
KETASU TEBE PUTIH (Ketandok susu telur bebek, ketan putih)
Rp.3.000,00/mika
5
KETASU TEBE HITAM (Ketandok susu telur bebek, ketan hitam)
Ro.4.000,00/mika
6
KETASU TEBE OPLOS (Ketandok susu telur bebek, ketan pitih + ketan hitam)
Rp.3.500,00/mika


2.1 Lokasi Usaha
            Kami berencana menyewa sebuah tempat untuk produksi, pusat penjualan dan pusat administrasi di Kampung Baru sekitar Kampus Universitas Lampung. Lokasi ini kami anggap strategis karna disini banyak tempat kos mahasiswa Universitas Lampung, selain itu lokasi ini ramai setiap harinya karna terletak di pinggir jalan tempat lalu lalang mahasiswa setiap harinya. Inilah factor yang membuat kami mengembangkan produk ini.

2.3 Analisis usaha
Analisis terhadap produk yang akan kami jual adalah
a. Strength (Kekuatan)
Kemampuan yang dimiliki adalah:
1) Bahan baku mudah diperoleh
2) Belum ada penjual produk di sekitar kampus UNILA
3) Proses pembuatannya cukup mudah
4) Makanan yang bergizi dan rasa yang enak sehingga menarik konsumen
b. Weakness (Kelemahan)
1)   Kekurangan yang dimiliki adalah kurangnya kemampuan manajerial
2)   Produk kurang bias bertahan lama
c. Opportunities (Peluang)
Faktor eksternal yang mendukung kelancaran bisnis antara lain:
   1) Masyarakat di lingkungan sekitar kampus UNILA yang cenderung    konsumtif
2) Daya beli masyarakat yang relatif tinggi
3) Belum ada pesaing
d. Threat (Hambatan)
Faktor eksternal yang harus diatasi adalah kepercayaan masyarakat tentang kelayakan konsumsi masih kurang.

2.4 Perencanaan Pemasaran
Strategi yang akan kami terapkan dalam usaha kami adalah :
a). STP (Segmentation, targetting & Positioning)
Segmentasi
Segmentasi adalah proses pengelompokan konsumen berdasarkan potensial penawaran produk yang berbeda beda.
Pangsa pasar dibagi menjadi tiga segmen yaitu :
1) Kelompok Mahasiswa
Segmen ini (mahasiswa UNILA) menjadi andalan kami karena merupakan pangsa pasar yang besar dengan jumlah kurang lebih 35.000 orang mahasiswa. Selain itu, faktor lokasi produksi yang berada di area kampus sehingga menjadi kelebihan tersendiri dalam kegiatan survei, promosi dan pemasaran produk.
2) Kelompok Pelajar
Segmen lain adalah pelajar yang ada di sekitar kampus UNILA. Segmen ini memiliki pangsa pasar yang tak kalah besar. Terlebih lagi mereka yang cenderung konsumtif dan menyukai hal yang baru. Selain itu, jenis produk ini bisa dijadikan suatu makanan yang disukai oleh para pelajar.
3) Kelompok Sekitar
Segmen ini terdiri dari para Dosen, warga lingkar kampus dan masyarakat umum di sekitar Kampus UNILA.
·
Targetting
Target utama pemasaran produk ini adalah yaitu kelompok mahasiswa dan pelajar. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa kelompok pertama dan kedua memilki ukuran pasar yang besar, dan perkiraan bahwa segmen ini memiliki kebutuhan atas manfaat dari produk tersebut. Sedangkan segmen yang ketiga, yaitu masyarakat umum.

Positioning
     Pelanggan melihat produk kami sebagai produk yang bermanfaat, sebagai pengganti sarapan dan juga Makanan yang bergizi.

2. Marketing Mix
·         Produk
Produk berupa olahan ketan, telur susu yang kami beri nama KETANDOK SUSU JOSS dengan rasa yang beragam ragam seperti susu putih, coklat, strawberry, vanilla dan keju serta dikemas menarik dan mewah. Keunggulan produk kami  adalh kandungan zat gizi yang mampu memenuhi kebutuhan energy sementara konsumen, mengganjal lapar dan pengganti sarapan.
·         Harga
Produk ini dijual dengan harga  mulai dari Rp.3.000,00 sampai dengan Rp.4.000.000 per bungkus.
·         Tempat
Dalam memasarkan produk, maka dipilih beberapa tempat di daerah sekitar kampus Universitas Lampung. Penentuan lokasi pemasaran didasarkan pada kriteria sebagai berikut : strategis, keramaian lokasi, dan pengeluaran biaya sekecil mungkin yang dikeluarkan. Berdasarkan kriteria tersebut kami menetapkan beberapa lokasi pemasaran produk kami, yaitu :
1) Kantin Fakultas
Setiap Fakultas memiliki kantin yang selalu ramai dengan aktifitas mahasiswa, baik yang makan, minum ataupun hanya sekedar duduk duduk. Tempat ini merupakan tempat yang sangat strategis bagi kemajuan dan  pemasaran produk kami.
2) Kantin Sekolah
Kantin sekolah yang kami maksud adalah kantin sekolah yang ada di sekitar lingkar kampus UNILA. Dilihat dari jumlah para siswanya yang cukup besar, maka kantin sekolah merupakan salah satu pilihan tempat pemasaran yang baik.
3) Warung Makan.
        . Diluar kampus UNILA terdapat banyak tempat untuk makan untuk mahasiswa, tempat ini selalu ramai di kunjungi.kami akan menitipkan produk ini di warung makan tersebut untuk memasarkan produk tersebur
4) Swalayan
        Swalayan merupakan gerbang untuk memasuki pasar umum secara luas. Kelompok kami berencana untuk memasarkan produk kami di swalayan-swalayan yang ada disekitar kampus UNILA.

·         Promosi
Promosi merupakan senjata utama dalam pemasaran produk. Hal ini disebabkan perlunya pengenalan awal pada produk yang tergolong baru ini kepada masyarakat. Hal hal yang akan kami lakukan dalam rangka promosi produk kami adalah :
1)   Pemberian informasi secara langsung (direct promotion)
2) Pemberian informasi secara tidak langsung (undirect promotion).
Pemberian informasi secara tidak langsung dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan diantaranya yaitu, beriklan di radio kampus (Rakanila FM), pemasangan spanduk, penyebaran poster, dan penyebaran pamflet serta leaflet. Tak lupa kami juga memanfatkaan media social untuk sarana promosi


2.5 Analisis Kelayakan Usaha
    Investasi awal yang diperlukan (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
Kuantitas
Harga Satuan(Rp)
Jumlah (Rp)
Wajan
2 Buah
27.500
55.000
Ember besar
2 Buah
23.500
47.000
Kompor Gas
2 Buah
225.000
450.000
Tabung Gas
2 Buah
195.000
395.000
Nampan besar
8 Buah
12.500
100.000
Pisau  kue
2 Buah
15.000
30.000
Lap Kain
2 Buah
12.000
24.000
Galon Air
7 Buah
55.000
285.000
Alat Pemipih
2 Buah
5.500
11.000
Serok
2 Buah
8.000
16.000
Sutil                                 
2 Buah
7.500
15.000
Mika
200 Buah
250
50.000
Sendok Plastik
200 Buah
 100
20.000
Straples dan isi
2 Buah
25.000
50.000
SUB TOTAL(Rp.)
3.793.000

    Biaya yang diperlukan (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
Kuantitas
Harga Satuan(Rp)
Jumlah (Rp)
Ketan Putih
75 Kg
21.500
1.612.500
Ketan hitam
50 Kg
25.000
1.875.000
Santan Kelapa super
75 Kg
5.500
412.500
Gula Putih
20 Kg
13.000
165.000
Air Galon
7 Buah
13.000
91.000
Telur ayam
10 Kg
18.000
180.000
Telur bebek
10 Kg
19.500
195.000
Susu putih
5 kaleng
9.500
47.500
Susu coklat
5 kaleng
10.000
50.000
Susu rasa-rasa
25 pak
18.500
462.500
Keju
5 Pak
16.500
 82.500
Minyak goring
25 kg
13.000
325.000
Banner
5 Buah
145.000
725.000
Pamflet
150 Lbr
1.250
187.500
Air dan listrik
1 bulan
500.000
500.000
Total (Keseluruhan)
3.423,500

                                                           
Penyusutan Aktiva per bulan (dalam rupiah)
No
Nama Aktiva
Umur Ekonomis (Tahun)
Penyusutan
1
Wajan
7
200,00
2
Ember
2
100,00
3
Kompor Gas
4
600,00
4
Tabung gas
4
500,00




5
Nampan
2
300,00
6
Pisau
3
400,00
7
Serok
2
200,00
8
Panci
3
500,00




9
Alat Pemipih
2
100,00




10
Gallon Air

300,00
Jumlah Penyusutan per bulan
3.200,00
      
Analisis Pendapatan dan Keuangan
       Produksi satu bulan                 = 3.000 bungkus
       Produksi 1 tahun 12x500        = 36.000 bungkus

Harga dan Hasil penjualan 1 tahun (dalam rupiah)
No
Produk
Harga
Jumlah
Total
1
KETASU TELA PUTIH 
3.000,00
600
1.800.000,00
2
KETASU TELA
4.000,00
500
2.000.000,00
3
KETASU TELA OPLOS 
3.500,00
400
1.400.000,00
4
KETASU TEBE PUTIH
3.000,00
600
1.800.000,00
5
KETASU TEBE HITAM
4.000,00
500
2.000.000,00
6
KETASU TEBE OPLOS
3.500,00
400
1.400.000,00
Total
10.400.000,00

Total Biaya operasional 1 tahun      = 12 x Rp. 3.423.500,00
                                                             = Rp.41.082.000,00
Keuntungan                                        = Rp.10.400.000,00 – Rp.3.423.500,00
                                                             =Rp6.976.500,00
  
 a. BEP (Break Even Point)
   BEP volume Poduksi                          = Total biaya operasional
                                                               Harga jual
                                                             =  Rp. 3.423.500,00
                                                               Rp.3.500,00
                                                            = 978.14
Catatan : Rp.3.500,00 didapat dari harga rata-rata produk. Jadi tingkat volume produksi 978.14 produk usaha ini berada pada titik impas

b. BEP Harga Produksi                      = Total biaya Operasional
                                                               volume produksi
                                                            = Rp. 3.423.500,00
                                                                 978.14          
                                                        Rp 3.500                         
    Jadi pada tingkat harga Rp 3.500 usaha ini berada pada titik impas.

c.  ROI (Return On Investment)          Keuntungan x 100%
   Total biaya operasional
                                                            = Rp6.976.500,00 x 100%
                                                                  Rp3.423.500,00
                                                            = 2,03 %
Usaha ini layak untuk dikembangan karena setiap pembiayaan sebesar Rp 100,00 diperoleh keuntungan sebesar Rp 2,03 %

d.   Perhitungan Pengembangan Modal
        Pengembalian Modal                           = Keuntungan+ Residu x 100%
                                                                       Jumlah modal invesasi awal 
                                                                    = Rp6.976.500,00+ Rp 3.200,00x 100%
                                                                        Rp. 3.793.000,00   
                                                                    184,01 %                                           
Artinya modal usaha ini akan terlunasi sebesar 184,01 % per bulan. Berdasarkan
perhitungan analisis kelayakan diatas maka investasi tersebut layak dilaksanakan.






BAB III
METODE PELAKSANAAN

Metode pelaksanaan program dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu :
Tahap 1 Melakukan Koordinasi dengan Suplier
Saya disini mencari supplier yang bisa menjualkan bahan bakunya dengan harga yang relative murah dan persediannya pun bisa diandalkan sewaktu-waktu.
Tahap 2 Pembidikan Segmen Pasar
Konsumen sangat menginginkan inovasi dari sebuah produk.Selain itu konsumen menginginkan produk yang enak dan murah.Untuk itulah kami menawarkan produk yang bergizi, enak dan murah.
Tahap 3 Produksi.
Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Pembuatan KETANDOK SUSU JOSS adalah:
Alat

·         Wajan
·         Ember
·         Kompor gas
·         Tabung gas
·         Nampan
·         Panci
·         Sendok plastik
·         Mika
·         Pisau
·         Lap Kain
·         Gallon Air
·         Alat Pemiipih
·         Serok


Bahan

·      Ketan Putih
·      Santan Kelapa
·      Gula Putih
·         Air Galon
·         Telur
·         Susu
         ·         Keju 
         ·         Vanilla

Proses pembuatan
·         Cuci ketan sampai bersih kemudian kukus hingga matang
·         Rebuslah santan hingga mendidih kemudian campur dengan garam dan gula setelah itu masukkan ketan yang telah di kukus, aduk menjadi adonan yang siap di cetak.
·         Tuangkan ketan yang telah menjadi adonan ke dalam nampan.
·         Tunggu sampai mendingin dan potong-potong menjadi persegi kecil
·         Goreng telur menjadi dadar dan potong menjadi bagian kecil.
·         Untuk KETANDOK SUSU JOSS goring, setelah dipotong-potong goring hingga berwarna kuning kecoklatan
·         Setelah itu masukkan ke dalam mika dan taburkan potongan-potongan telur yang telah di goreng.
·         Setelah itu masukkan susu aneka rasa dan sendok kecil ke dalam mika.
·         Tutup mika dan steples agar tidak terbuka lagi kembali
·         KETANDOK SUSU JOSS siap di jual.

BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggaran Biaya
No
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1
Peralatan Penunjang
3.793.000
2
Bahan Habis Pakai
5.593.500
3
Perjalanan
162.500
4
Lain-Lain
1.412.500
Jumlah
10.961.000

4.2 Jadwal Kegiatan
Kegiatan
Bulan
No
Uraian
1
2
3
1
Persiapan kegiatan dan perencanaan kebutuhan produksi












2
Pengadaan kebutuhan bahanbahan
Produksi












3
Pengadaan peralatan produksi












4
Penyiapan lokasi












5
Produksi KETADOK SUSU dan pengemasan












6
Pemasaran produk dan promosi












7
Evaluasi












8
Pembuatan laporan













 
JUSTIFIKASI ANGGARAN KEGIATAN
1.Peralatan Penunjang (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
Justifikasi pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan

Jumlah

Wajan
Alat untuk menggoreng produk
2 Buah
27.500
55.000
Ember besar
Mencuci dan merendam ketan
2 Buah
23.500
47.000
Kompor Gas
Sebagai media untuk menggoreng produk
2 Buah
225.000
450.000
Tabung Gas
Bahan bakar untuk kompor gas
2 Buah
195.000
395.000
Nampan besar
Mencetak ketan
8 Buah
12.500
100.000
Pisau  kue
mengiris produk setelah di cetak
2 Buah
15.000
30.000
Lap Kain
Membersihkan mika pembungkus produk
2 Buah
12.000
24.000
Galon Air
untuk menampung air matang
7 Buah
55.000
285.000
Alat Pemipih
Untuk memipihkan
2 Buah
5.500
11.000
Serok
Untuk mengangkat hasil penggorengan
2 Buah
8.000
16.000
Sutil                           
Alat untuk membalik pada saat penggorengan
2 Buah
7.500
15.000
Mika
Pembungkus produk setelah jadi
200 Buah
250
50.000
Sendok Plastik
Dimasukkan kedalam mika bersana produk
200 Buah
 100
20.000
Straples dan isi
Menstraples mika
2 Buah
25.000
50.000
SUB TOTAL(Rp.)
3.793.000

2. Bahan Habis Pakai  (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
Justifikasi pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan
Jumlah

Ketan Putih
Bahan baku KETANDOK SUSU
75 Kg
 21.500
 1.612.500
Ketan hitam
Bahan baku KETANDOK SUSU
50 Kg
25.000
1.875.000
Santan Kelapa super
Bahan adonan ketan
75 Kg
 5.500
 412.500
Gula Putih
Pemanis
20 Kg
 13.000
 165.000
Air Galon
Merebus ketan dan santan
7 Buah
 13.000
 91.000
Telur ayam
Bahan tabur ketan
10 Kg
 18.000
 180.000
Telur bebek
Bahan tabur ketan
10 Kg
19.500
195.000
Susu putih
Bahan adonan ketan putih dan santan
5 kaleng
 9.500
47.500
Susu coklat
Bahan adonan ketan merah dan santan
5 kaleng
10.000
50.000
Susu rasa-rasa
Varian rasa KETANDOK SUSU JOSS
25 pak
18.500
462.500
Keju
Varian rasa
5 Pak
 16.500
 82.500
Minyak goring
Menggoreng KETANDOK SUSU JOSS
25 kg
13.000
325.000
SUB TOTAL(Rp.)
5.593.000

3. Perjalanan (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
Justifikasi pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan
Jumlah

Bensin
Perjalanan membeli bahan baku
25 Liter
 6.500
 162.500
SUB TOTAL(Rp.)
 162.500

4. Lain-lain (dalam rupiah)
Jenis Pengeluaran
Justifikasi pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan
Jumlah

Banner
Sebagai media promosi
5 Buah
145.000
725.000
Pamflet
Sebagai media promosi
150 Lbr
1.250
187.500
Air dan listrik
Pendukung proses penjulan
1 bulan
500.000
500.000
SUB TOTAL(Rp.)
1.412.500
Total (Keseluruhan)
11.141.000



SUSUNAN ORGANISASI TIM KEGIATAN DAN PEMBAGIAN TUGAS
NO
NAMA
PROGRAM STUDI
BIDANG ILMU
ALOKASI WAKTU (jam/minggu)
URAIAN TUGAS
1
Yuriko Prastiyo
Manajemen
Manajemen
6 jam/minggu
Penanggung jawab Pengadaan alat dan bahan, penjualan produk dan laporan pertanggung jawaban.
2
Muhammsa Bahrul Ulum
Manajemen
Manajemen
6 jam/minggu
Penanggung jawab pembuatan produk ,evaluasi perkembangan usaha,dan evalusi kegiatan
3
Aldo Christian
Tehnik Pertanian
Tehnik Pertanian
6 jam/minggu
PJ. Persiapan dan survey pasar  


If You Like This Post, Share it With Your Friends

0 komentar:

Post a Comment

 
Blogger Templates