rss
twitter
    ''~ Follow my Twitter : @yuriko_yukiro ~''

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) : Pesan Antar Makanan Online

BAB I
IDE USAHA

Aktivitas di kampus sungguh sangat adat, Mahasiswa disibukkan dengan berbagai tugas kuliah yang terkadang tidak sempat untuk membeli makanan diluar. Saya melihat peluang ini untuk membuat usaha pesan antar makanan secara online. Sasaran saya saat ini adalah mahasiswa Universitas Lampung. Saat ini saya hanya melayani wilayah Universitas Lampung dn sekitarnya. Saya melalui situs www.lebihmurah.yukbisnis.com terinspirasi dari situs  klik-eat.com, sebuah situs web layanan pesan-antar di jakarta. Deskripsi usaha yang saya jalani sebagai berikut :
Nama Usaha    : Pesan antar makanan online
Nama pemilik  : Yuriko Prastiyo
Bentuk            : Bisnis Online
Penjualan         :Sendiri
Telepon           : 0896-7197-8750
Email               : Yurikoprastiyo!@gmail.com
Tahun berdiri   : 2015
Partner usaha   : Siomay Mang Jum, Kantin Mutiara, Nasi Goreng Senyum, Bakso   Mas Yon,     Kantin Sehati       
Bisnis ini berbeda dari bisnis lainnya yang ada terutama di Lampung. Ini merupakan model bisnis pertama di lampung. Ada tiga modul sistem yang dirancangi. Pertama, modul untuk konsumen memesan makanan. Kedua, modul untuk tim internal dalam mengatur semua order. Ketiga, modul untuk mengatur operasional kurir. Saya melayani pemesanan melalui telepon, e-mail, website dan jejaring sosial lainnya.


Keunggulan dari bisnis ini adalah memudahkan konsumen dalam membeli berbagai jenis makanan yang dibutuhkan sehingga akan diminati. Selain itu, saya menyedikan berbagai jenis makanan dengan berbagai pilihan harga. Selain itu saya memperlakukan harga yang tidak jauh berbeda dengan membeli langsung di tempatnya. Layanan ini sangat cocok untuk mereka yang mempunyai sedikit waktu luang untuk keluar.
Pesaing utama saya saat ini adalah layanan pesan antar makanan cepat saji seperti KFC dan CFC. Namun mereka hanya melayani pesan antar untuk produk mereka sendiri sehingga tidak terlalu bermasalah bagi saya. Oleh karna itu saya meyakini bahwa jasa yang saya tawarkan sangat diperlukan di pasar. Sehingga saya memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan usaha dengan cakupan Bandar Lampung yang saat ini masih sebatas di Universitas Lampung.


BAB II
ANALISIS PASAR

Dengan pengguna internet aktif di Indonesia yang mencapai 74,6 juta pengguna. Indonesia sangat berpeluang untuk membuka bisnis online. Pangsa pasar yang saya ambil adalah mahasiswa Universitas Lampung. Dengan jumlah mahasiswa pada tahun 2014 berjumlah 32.903 orang. Dengan jumlah mahasiswa yang begitu banyak mulai dari jenjang D3, S1 sampai S3 sangat tepat untuk membuka bisnis ini. Di sisi lain kesibukan mahasiswa mulai dari kuliah, organisasi dan kesibukan lainnya terkadang membuat mereka malas keluar kamar kost ataupun kampus untuk mencari makan. Selain dua sebab diatas, mahasiswa adalah kaum intelektual yang menggunakan berbagai macam teknologi teknologi komunikasi dalam perkebangannya saat ini dan ini sangat tepat untuk pangsa pasar saya.
Menurut Kotler dan Amstrong (2004), tidak ada cara tunggal untuk membuat segmentasi pasar yang baik. Namun ada beberapa variabel pokok yang sering digunakan sebagai pembeda untuk memecah populasi menjadi kelompok-kelompok atau segmen. Beberapa variabel pokok yang sering digunakan sebagai pembeda antara lain adalah geografis, demografis, psikografis dan perilaku.

Orang-orang dalam satu demografis yang sama dapat memiliki psikografis yang sangat berbeda. Salah satu unsur psikografis yang paling sering digunakan oleh para pemasar adalah gaya hidup pelanggan (Kotler dan Amstrong, 2004).

Berdasarkan teori di atas saya mengambil segmentasi pasar mahasiswa agar mudah dalam melakukan proses bisnis dan mudah dalam menentukan makanan yang saya sediakan. Selain itu saat ini saya hanya mampu melayani pangsa pasar di sekitar Universitas Lampung karna kurangnya sumber daya yang ada.

Hasil wawancara yang saya lakukan terhadap Ardanta mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2014 mengatakan Mahasiswa Universitas Lampung terkadang bosan dengan makanan yang ada di sekitar kampus dan ingin mencari keluar, tetapi rutinitas seperti tugas dan lain sebagainya mempersulit saya untuk melakukan itu, di tambah saya tidak mempunyai kendaraan bermotor untuk mencari makanan keluar kampus. Dengan begitu sangat cocok dan membantu bisnis yang kakak lakukan saat ini.


BAB III
KEUNGGULAN USAHA

Adapun beberapa keunggulan kompetitif dari usaha saya tersebut adalah sebagai berikut. memudahkan konsumen dalam membeli berbagai jenis makanan yang dibutuhkan. Layanan ini sangat cocok untuk mereka yang mempunyai sedikit waktu luang untuk keluar kampus atau kamar kost untuk sekedar membeli makanan. Jasa saya memangkas waktu yang harus dikeluarkan konsumen untuk membeli makanan di tempatnya langsung.
Dari segi harga, Saya menyedikan berbagai jenis makanan dengan berbagai pilihan harga. Selain itu saya memperlakukan harga yang tidak jauh berbeda dengan membeli langsung karna saya berkerjasama dengan berbagai warung makan dan restaurant. Sehingga mengurangi pengeluaran konsumen seperti uang transport dan uang parkir.
Kemudahan akses dalam membeli makanan pun menjadi salah satu keunggulan saya. Dengam media internet yang saat ini hampir semua orang menggunakannya dapat digunakan untuk memesan makanan dari saya. Selain dengan website saya juga melayani pemesanan melalui sambungan telephon, sms dan jejaring sosial lainnya seprti BBM, Line, Whatsapp dan lain sebagainya. Kompetitor usaha saya seperi KFC dan CFC saat ini hanya bisa menggunakan sambungan telephon utuk memesannya, Sehingga ini merupakan keunggulan saya karna menggunakan berbagai media yang ada untuk memesan makanan.


BAB IV
PROYEKSI PENJUALAN DAN STRATEGI PEMASARAN

Saat ini rata – rata penjualan saya 5 – 7 pesanan perhari. Saat ini omset yang saya dapatkan Rp. 25.000,00 – Rp. 30.000,00. Dengan rencana pembelian domain baru yang berbayar diharapkan akan meningkatkan pembelian sampai 25 pesanan perhari. Karna saat ini saya masih menggunakan domain gratis dari yukbisnis.com. Artinya dalam seminggu proyeksi penjualan saya menerima 175 pesanan. Dalam waktu 1 bulan saya bisa menerima 750 pesanan. Berikut adalah tabel proyeksi penjualan
Demand
Perkiraan permintaan perminggu
Perkiraan Permintaan perbulan
Sedang
131 kali
562 kali
Baik
175 kali
750 kali
Buruk
52 kali
225 kali


Strategi – startegi yang akan saya terapakan dalam memasarkan usaha saya adalah
1. Content Marketing
Salah satu tujuan utama para pengguna internet berselancar di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah, strategi bisnis Content Marketing adalah berupaya menarik calon konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut dapat berupa artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya, toko online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar tampil cantik dan menarik.

2. Mobile Marketing
Salah satu strategi pemasaran di dunia maya yang sedang ngetrend adalah Mobile Marketing. Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang mengarah pada calon-calon konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile, seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website bisnisnya agar ramah (user frinedly) jika diakses dengan gadget mobile. Menurut data berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk lewat ponsel mencapai 30-40%.
3. Continuous Marketing
Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi jalur utama dalam melaksanakan Continuous Marketing. Pemasaran berkelanjutan ini menekankan pada promosi dalam jaringan media sosial. Selain itu, agar sukses para pebisnis juga hendaknya menganalisis berbagai data, misalnya demografi, feedback konsumen, opini, dan lainnya untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.

4. Integrated Digital Marketing
Integrated digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau konsumen yang bervariatif.

5. Visual Marketing
Kata pepatah, satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Visual marketing mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan. Saat ini, visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.
6. Personalized Marketing
Personalized Marketing atau juga biasa disebut dengan istilah one to one marketing adalah strategi pemasaran dengan mengedepankan bahwa setiap personal (konsumen) adalah unik, sehingga perlakuan untuk masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis e-commerce, personalized marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda untuk masing-masing user, baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur, gender, dan sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih tertarget. Namun, untuk melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus dimiliki oleh toko online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses menerapkan strategi Personalized Marketing.

7.        Komunitas atau forum
Saya menggunakan grup BBM (Blackberry Messenger) sebagai media untuk memasang foto produk. Saya pun harus memberi deskripsi produk secara singkat sehingga informasi mengenai produk akan lebih cepat dikenal orang dan bisa meningkatkan penjualan. Selain itu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan agar semakin di kenal jasa yang saya tawarkan.

BAB V
KAPASITAS PRODUKSI
Kemampuan dalam melakukan jasa ini sangat besar, karna saya langsung mengambil dari pihak pertaman dan memberikan pada pihak ketiga. Saat ini saya kapasitas saya hanya melayani 4 – 6 pemesanan karna kurangnya modal dan sumber daya lainnya. Artinya kapasitas mingguan saya hanya sebesar 42 pesanan perminggu. Dalam satu bulan artinya kapasitas pesanan yang mampu di layani hanya 180 pesanan jika tidak dikembangkan. Kedepannya saya merencanakan kapasitas layanan saya mencapai 25 pesanan dalam sehari yang artinya dalam seminggu saya melayani 175 pesanan dan dalam 1 bulan mencapai 750 pesanan.
Kapasitas Produksi


perminggu
perbulan
Saat ini
42
180
Kedepannya
175
750

VI
PROYEKSI KEUANGAN

1. Rencana Investasi
o   Biaya Investasi
a)      Notebook                                                        : Rp. 3.150.000,00
b)      Website Online shop                                        : Rp.    341.000,00
c)      Modem                                                            : Rp.    200.000,00 
d)     Kotak Pesan antar                                            : Rp.    270.000,00 +

           Jumlah                                                        : Rp. 3.961.000,00

o   Biaya Operasional Usaha (1 Siklus Pertama)
a.       Biaya pulsa                                                     : Rp.      70.000,00
b.      Transportasi                                                    : Rp.    219.000,00
c.       ATK                                                                : Rp.      50.000,00
d.      Seragam kerja 2 buah @ Rp. 100.000,00           : Rp.    200.000,00
e.       Gaji Karyawan                                                : Rp.    600.000,00 +
                  Jumlah                                                : Rp. 1.139.000,00

o   Biaya Overhead:
a. Kartu Nama 4 Packs @ Rp. 30.000,00:                 : Rp.     120.000,00 
b.Plastik berlabel                                                  : Rp.     100.000,00 +
                  Jumlah                                                : Rp.    220.000,00

o   Biaya Pemasaran
a. Domain Internet                                               : Rp      100.000,00
b. Biaya Promosi (leaflet/brosur)                          : Rp.       50.000,00
c.       Perjalanan (promosi) 5 x Rp. 50.000,00         : Rp.     250.000,00 +
Jumlah                                                                : Rp.     400.000,00


o   Biaya penunjang kegiatan:
a.       Perjalanan Survey ke Pasar/Warung              : Rp.     100.000,00
b.      Distribusi/Belanja Alat dan Bahan                 : Rp.       50.000,00
c.       Pengembangan Website                                : Rp.     100.000,00 +
Jumlah                                                                : Rp.     250.000,00

Total Pegeluaran Dana
a.         Bahan investasi                                            : Rp. 3.961.000,00
b.         Biaya operasional usaha                               : Rp. 1.139.000,00
c.          Biaya overhead                                            : Rp.    220.000,00
d.         Biaya pemasaran                                          : Rp.     400.000,00
    e.          Biaya penunjang kegiatan                         : Rp.    250.000,00 +
     Jumlah pengeluaran dana                                 : Rp. 5.970.000,00




2. Proyeksi Rugi Laba
o   Produksi 1 siklus (awal)    :  
- pesanan  750 @4.000                                             : Rp.     2.625.000,00
o   Pendapatan (perbulan)                                         : Rp.     2.625.000,00
o   Biaya Oprasional (perbulan)                                  : Rp.     1.139.000,00 -
o   Laba Yang Diperoleh (perbulan)                            : Rp.     1.486.000,00

3. Analisa Break Event Point

BEP unit adalah
= Biaya Tetap / (harga per unit – biaya variable per unit)
= Rp. 5.970.000,00 / (Rp.3.500,00 – Rp.1.500,00)
= Rp. 5.970.000,00/ Rp.2.000,00
= 2985 pesanan

BEP Rupiah adalah
= Biaya Tetap / (Kontribusi Margin per unit : Harga per unit)
= Rp. Rp. 5.970.000,00/ (Rp.2.000,00: Rp. 3.500,00)
= Rp. Rp. 5.970.000,00 / 0,57
= Rp.10.474.000,00

Dengan begitu untuk mencapai titik Break Event Point yaitu Rp.10.474.000,00 atau 2985 pesanan diperlukan  waktu kurang lebih 4  bulan .

If You Like This Post, Share it With Your Friends

0 komentar:

Post a Comment

 
Blogger Templates