BAB
I
IDE
USAHA
Aktivitas di kampus
sungguh sangat adat, Mahasiswa disibukkan dengan berbagai tugas kuliah yang
terkadang tidak sempat untuk membeli makanan diluar. Saya melihat peluang ini
untuk membuat usaha pesan antar makanan secara online. Sasaran saya saat ini
adalah mahasiswa Universitas Lampung. Saat ini saya hanya melayani wilayah
Universitas Lampung dn sekitarnya. Saya melalui situs www.lebihmurah.yukbisnis.com
terinspirasi dari situs klik-eat.com,
sebuah situs web layanan pesan-antar di jakarta. Deskripsi usaha yang
saya jalani sebagai berikut :
Nama
Usaha : Pesan antar makanan online
Nama
pemilik : Yuriko Prastiyo
Bentuk
: Bisnis Online
Penjualan
:Sendiri
Telepon : 0896-7197-8750
Email : Yurikoprastiyo!@gmail.com
Tahun berdiri : 2015
Partner
usaha : Siomay Mang Jum, Kantin Mutiara,
Nasi Goreng Senyum, Bakso Mas Yon, Kantin
Sehati
Bisnis
ini berbeda dari bisnis lainnya yang ada terutama di Lampung. Ini merupakan
model bisnis pertama di lampung. Ada tiga modul sistem yang dirancangi. Pertama,
modul untuk konsumen memesan makanan. Kedua, modul untuk tim internal
dalam mengatur semua order. Ketiga, modul untuk mengatur operasional
kurir. Saya melayani pemesanan melalui telepon, e-mail, website dan jejaring sosial
lainnya.
Keunggulan dari
bisnis ini adalah memudahkan konsumen dalam membeli berbagai jenis makanan yang
dibutuhkan sehingga akan diminati. Selain itu, saya menyedikan berbagai jenis
makanan dengan berbagai pilihan harga. Selain itu saya memperlakukan harga yang
tidak jauh berbeda dengan membeli langsung di tempatnya. Layanan ini sangat
cocok untuk mereka yang mempunyai sedikit waktu luang untuk keluar.
Pesaing utama saya saat ini adalah layanan pesan
antar makanan cepat saji seperti KFC dan CFC. Namun mereka hanya melayani pesan
antar untuk produk mereka sendiri sehingga tidak terlalu bermasalah bagi saya. Oleh
karna itu saya meyakini bahwa jasa yang saya tawarkan sangat diperlukan di
pasar. Sehingga saya
memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan usaha dengan
cakupan Bandar Lampung yang saat ini masih sebatas di Universitas Lampung.
BAB II
ANALISIS PASAR
Dengan pengguna
internet aktif di Indonesia yang mencapai 74,6 juta pengguna. Indonesia sangat
berpeluang untuk membuka bisnis online. Pangsa pasar yang saya ambil adalah
mahasiswa Universitas Lampung. Dengan jumlah mahasiswa pada tahun 2014
berjumlah 32.903 orang. Dengan jumlah mahasiswa yang begitu banyak mulai dari
jenjang D3, S1 sampai S3 sangat tepat untuk membuka bisnis ini. Di sisi lain
kesibukan mahasiswa mulai dari kuliah, organisasi dan kesibukan lainnya
terkadang membuat mereka malas keluar kamar kost ataupun kampus untuk mencari
makan. Selain dua sebab diatas, mahasiswa adalah kaum intelektual yang
menggunakan berbagai macam teknologi teknologi komunikasi dalam perkebangannya
saat ini dan ini sangat tepat untuk pangsa pasar saya.
Menurut Kotler dan
Amstrong (2004), tidak ada cara tunggal untuk membuat segmentasi pasar yang
baik. Namun ada beberapa variabel pokok yang sering digunakan sebagai pembeda
untuk memecah populasi menjadi kelompok-kelompok atau segmen. Beberapa variabel
pokok yang sering digunakan sebagai pembeda antara lain adalah geografis,
demografis, psikografis dan perilaku.
Orang-orang
dalam satu demografis yang sama dapat memiliki psikografis yang sangat berbeda.
Salah satu unsur psikografis yang paling sering digunakan oleh para pemasar
adalah gaya hidup pelanggan (Kotler dan Amstrong, 2004).
Berdasarkan
teori di atas saya mengambil segmentasi pasar mahasiswa agar mudah dalam
melakukan proses bisnis dan mudah dalam menentukan makanan yang saya sediakan.
Selain itu saat ini saya hanya mampu melayani pangsa pasar di sekitar
Universitas Lampung karna kurangnya sumber daya yang ada.
Hasil wawancara
yang saya lakukan terhadap Ardanta mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2014
mengatakan Mahasiswa Universitas Lampung terkadang bosan dengan makanan yang
ada di sekitar kampus dan ingin mencari keluar, tetapi rutinitas seperti tugas
dan lain sebagainya mempersulit saya untuk melakukan itu, di tambah saya tidak
mempunyai kendaraan bermotor untuk mencari makanan keluar kampus. Dengan begitu
sangat cocok dan membantu bisnis yang kakak lakukan saat ini.
BAB III
KEUNGGULAN USAHA
Adapun beberapa keunggulan kompetitif dari usaha saya tersebut adalah sebagai
berikut. memudahkan
konsumen dalam membeli berbagai jenis makanan yang dibutuhkan. Layanan ini
sangat cocok untuk mereka yang mempunyai sedikit waktu luang untuk keluar
kampus atau kamar kost untuk sekedar membeli makanan. Jasa saya memangkas waktu
yang harus dikeluarkan konsumen untuk membeli makanan di tempatnya langsung.
Dari segi harga,
Saya menyedikan berbagai jenis makanan dengan berbagai pilihan harga. Selain
itu saya memperlakukan harga yang tidak jauh berbeda dengan membeli langsung
karna saya berkerjasama dengan berbagai warung makan dan restaurant. Sehingga
mengurangi pengeluaran konsumen seperti uang transport dan uang parkir.
Kemudahan akses
dalam membeli makanan pun menjadi salah satu keunggulan saya. Dengam media
internet yang saat ini hampir semua orang menggunakannya dapat digunakan untuk
memesan makanan dari saya. Selain dengan website saya juga melayani pemesanan
melalui sambungan telephon, sms dan jejaring sosial lainnya seprti BBM, Line,
Whatsapp dan lain sebagainya. Kompetitor usaha saya seperi KFC dan CFC saat ini
hanya bisa menggunakan sambungan telephon utuk memesannya, Sehingga ini
merupakan keunggulan saya karna menggunakan berbagai media yang ada untuk
memesan makanan.
BAB IV
PROYEKSI PENJUALAN DAN
STRATEGI PEMASARAN
Saat ini rata – rata
penjualan saya 5 – 7 pesanan perhari. Saat ini omset yang saya dapatkan Rp.
25.000,00 – Rp. 30.000,00. Dengan rencana pembelian domain baru yang berbayar
diharapkan akan meningkatkan pembelian sampai 25 pesanan perhari. Karna saat
ini saya masih menggunakan domain gratis dari yukbisnis.com. Artinya dalam
seminggu proyeksi penjualan saya menerima 175 pesanan. Dalam waktu 1 bulan saya
bisa menerima 750 pesanan. Berikut adalah tabel proyeksi penjualan
Demand
|
Perkiraan permintaan perminggu
|
Perkiraan Permintaan perbulan
|
Sedang
|
131 kali
|
562 kali
|
Baik
|
175 kali
|
750 kali
|
Buruk
|
52 kali
|
225 kali
|
Strategi
– startegi yang akan saya terapakan dalam memasarkan usaha saya adalah
1. Content Marketing
Salah satu tujuan utama para pengguna internet berselancar
di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah,
strategi bisnis Content Marketing adalah berupaya menarik calon konsumen dengan
cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut
dapat berupa artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam
informasi yang disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan.
Misalnya, toko online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar tampil cantik
dan menarik.
2. Mobile Marketing
Salah satu
strategi pemasaran di dunia maya yang sedang ngetrend adalah Mobile Marketing.
Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang mengarah pada calon-calon
konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile, seperti
handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website bisnisnya
agar ramah (user frinedly) jika diakses dengan gadget mobile. Menurut data
berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk lewat
ponsel mencapai 30-40%.
3. Continuous Marketing
Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi
jalur utama dalam melaksanakan Continuous Marketing. Pemasaran berkelanjutan
ini menekankan pada promosi dalam jaringan media sosial. Selain itu, agar
sukses para pebisnis juga hendaknya menganalisis berbagai data, misalnya
demografi, feedback konsumen, opini, dan lainnya untuk menemukan konsep produk
bisnis yang diinginkan konsumen.
4. Integrated Digital Marketing
Integrated digital marketing adalah strategi pemasaran
dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital yang
ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran. Sinergi
antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi
secara real time untuk menjangkau konsumen yang bervariatif.
5. Visual Marketing
Kata
pepatah, satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Visual marketing mengedepankan
bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan.
Saat ini, visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat
adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan
lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu
prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.
6. Personalized Marketing
Personalized Marketing atau juga biasa disebut dengan
istilah one to one marketing adalah strategi pemasaran dengan mengedepankan
bahwa setiap personal (konsumen) adalah unik, sehingga perlakuan untuk
masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis e-commerce, personalized
marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang
menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda untuk masing-masing user,
baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur, gender, dan
sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih tertarget. Namun,
untuk melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus dimiliki oleh
toko online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses menerapkan
strategi Personalized Marketing.
7.
Komunitas atau forum
Saya menggunakan grup BBM (Blackberry Messenger) sebagai media untuk
memasang foto produk. Saya pun harus memberi deskripsi produk secara singkat
sehingga informasi mengenai produk akan lebih cepat dikenal orang dan bisa
meningkatkan penjualan. Selain itu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan
kemahasiswaan agar semakin di kenal jasa yang saya tawarkan.
BAB
V
KAPASITAS
PRODUKSI
Kemampuan
dalam melakukan jasa ini sangat besar, karna saya langsung mengambil dari pihak
pertaman dan memberikan pada pihak ketiga. Saat ini saya kapasitas saya hanya
melayani 4 – 6 pemesanan karna kurangnya modal dan sumber daya lainnya. Artinya
kapasitas mingguan saya hanya sebesar 42 pesanan perminggu. Dalam satu bulan
artinya kapasitas pesanan yang mampu di layani hanya 180 pesanan jika tidak
dikembangkan. Kedepannya saya merencanakan kapasitas layanan saya mencapai 25
pesanan dalam sehari yang artinya dalam seminggu saya melayani 175 pesanan dan
dalam 1 bulan mencapai 750 pesanan.
Kapasitas
Produksi
|
perminggu
|
perbulan
|
Saat ini
|
42
|
180
|
Kedepannya
|
175
|
750
|
VI
PROYEKSI
KEUANGAN
1. Rencana Investasi
o
Biaya Investasi
a) Notebook :
Rp. 3.150.000,00
b)
Website Online shop : Rp. 341.000,00
c)
Modem : Rp. 200.000,00
d) Kotak Pesan antar : Rp. 270.000,00 +
d) Kotak Pesan antar : Rp. 270.000,00 +
Jumlah :
Rp. 3.961.000,00
o
Biaya Operasional Usaha (1 Siklus Pertama)
a.
Biaya pulsa : Rp. 70.000,00
b.
Transportasi : Rp. 219.000,00
c.
ATK :
Rp. 50.000,00
d.
Seragam kerja 2 buah @ Rp. 100.000,00 : Rp. 200.000,00
e.
Gaji Karyawan : Rp. 600.000,00 +
Jumlah :
Rp. 1.139.000,00
o
Biaya Overhead:
a. Kartu Nama 4 Packs @ Rp. 30.000,00: : Rp. 120.000,00
b.Plastik berlabel : Rp. 100.000,00 +
b.Plastik berlabel : Rp. 100.000,00 +
Jumlah :
Rp. 220.000,00
o
Biaya Pemasaran
a. Domain Internet : Rp 100.000,00
b. Biaya Promosi (leaflet/brosur) : Rp. 50.000,00
c.
Perjalanan (promosi) 5 x Rp. 50.000,00 : Rp. 250.000,00
+
Jumlah :
Rp. 400.000,00
o
Biaya penunjang kegiatan:
a.
Perjalanan Survey ke Pasar/Warung : Rp. 100.000,00
b.
Distribusi/Belanja Alat dan Bahan : Rp. 50.000,00
c.
Pengembangan Website : Rp. 100.000,00 +
Jumlah : Rp. 250.000,00
Total Pegeluaran
Dana
a.
Bahan
investasi :
Rp. 3.961.000,00
b.
Biaya
operasional usaha :
Rp. 1.139.000,00
c.
Biaya
overhead :
Rp. 220.000,00
d.
Biaya
pemasaran :
Rp. 400.000,00
e.
Biaya
penunjang kegiatan :
Rp. 250.000,00 +
Jumlah
pengeluaran dana : Rp.
5.970.000,00
2. Proyeksi Rugi Laba
o
Produksi 1 siklus (awal) :
- pesanan 750 @4.000 : Rp. 2.625.000,00
- pesanan 750 @4.000 : Rp. 2.625.000,00
o
Pendapatan (perbulan) : Rp. 2.625.000,00
o
Biaya Oprasional (perbulan) : Rp. 1.139.000,00 -
o
Laba Yang Diperoleh (perbulan) : Rp. 1.486.000,00
3. Analisa Break Event Point
BEP unit
adalah
= Biaya Tetap / (harga
per unit – biaya variable per unit)
= Rp. 5.970.000,00 / (Rp.3.500,00 –
Rp.1.500,00)
= Rp. 5.970.000,00/ Rp.2.000,00
= 2985 pesanan
BEP Rupiah
adalah
= Biaya Tetap /
(Kontribusi Margin per unit : Harga per unit)
= Rp. Rp. 5.970.000,00/ (Rp.2.000,00: Rp.
3.500,00)
= Rp. Rp. 5.970.000,00 / 0,57
= Rp.10.474.000,00
Dengan begitu untuk mencapai titik Break
Event Point yaitu Rp.10.474.000,00 atau 2985 pesanan diperlukan waktu kurang lebih 4 bulan .
0 komentar:
Post a Comment