rss
twitter
    ''~ Follow my Twitter : @yuriko_yukiro ~''

EKONOMI ISLAM , EKONOMI MASA DEPAN

Assalamualiakum wr wb saudaraku,

ga' kerasa udah memasuki bulan syawal yang di dalam nya pun tak kalah mulia di dalam islam,Siapa yan puasa 6 hari di bulan akan dapet bonus dari ALLAH, enak kan? semoga saja Allah senantiasa memberikan kita rahmat dan kekuatan iman yang kuat & selalu melindungi diri kita dari kemaksiatan.

oh iya gan,gmana kue lebarannya sudah habis belum?yang sudah habis ni di rumah saa masih banyak,wkwkww. sampai lupa ni admin mu bilang "minal aidzin wal faa idzin,mohon maaf lahir dan batin" semoga saja dosa yang admin lakukan terhadap agan semua melebur menjadi sebuah kasih sayang bersaan dengan hari nan fitri ini & semoga sisa - sisa debu kebencian maupun dendan lenyap di bawa gemerciknya rahmat dari sang maha kuasa.
Sudah kita ketahui bersama, islam bukan hanya sebuah agama yang mengatur tentang ibadah saja. tetapi islam islam adalah agama Rahmatan lilalamin yang mengatur segala aspek kehidupan termasuk juga ekonomi. dalam islam soal ekonomi telah banyak di jelaskan dalam al-qur'an & hadist yang mengutamakan faktor keadilan.semakin carut-marutnya perekonomian dunia serta krisis yang terjadi di belahan dunia manapun semakiin membuktikan bahwa sistem ekonomi yang selama ini di anut oleh sebagian besar negara di dunia yakni kapitalis semakin menampakkkan wajah aslinya.faktanya sistem ekonomi kapitalis hanya dapat di terapkan di sebuah negara maju yang mempunyai pondasi ekonomi dan teknologi yang maju.

baiklah gan admin akan mejelaskan keunggulan ekonomi islam di bandingkan ekonomi kapitalis dan ekonomi sosialis yang di uni soviet dan negara komunis lainnya.

A. Sistem Ekonomi Sosialis 
Sistem Ekonomi Sosialis adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis-jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara seperti air, listrik, telekomunikasi, gas lng, dan lain sebagainya.Sistem ekonomi sosialis di prakarsai oleh bapak sosialis dunia yaitu karl marx.Yang penting ini gan,Sistem ekonomi sosialis adalah suatu sistem ekonomi dengan kebijakan atau teori yang bertujuan untuk memperoleh suatu distribusi yang lebih baik dengan tindakan otoritas demokratisasi terpusat dan kepadanya perolehan produksi kekayaan yang lebih baik daripada yang kini berlaku sebagaimana yang diharapkan.
  • Kepemilikan harta dan Sumber Daya lainnya di kuasai oleh negara
  • Kesamaan ekonomi dan hak kekayaan
  • Politik yang disiplin
Ciri Ekonomi Sosialis:
  1. Mengutamakan kebersamaan (kolektivisme) dan persaan hak
  2. Peran pemerintah sangat kuat
  3. Sifat manusia ditentukan oleh pola produksi

B. Sistem Ekonomi Kapitalis
Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya. Semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba sebesar-besarnya. Semua orang bebas malakukan kompetisi untuk memenangkan persaingan bebas dengan berbagai cara.



Ciri-ciri sistem ekonomi Kapitalis :
  1. Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar
  2. Paham individualisme didasarkan materialisme, warisan zaman Yunani Kuno (disebut hedonisme)
  3. Pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi
  4. Pemilikan alat-alat produksi di tangan individu
  5. Inidividu bebas memilih pekerjaan/ usaha yang dipandang baik bagi dirinya.
  6. Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar
  7. Pasar berfungsi memberikan “signal” kepda produsen dan konsumen dalam bentuk harga-harga.

C. Sistem Ekonomi Islam
M.A. Manan (1992:19) di dalam bukunya yang berjudul “Teori dan Praktik Ekonomi Islam” menyatakan bahwa ekonomi islam adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah ekonomi rakyat yang di ilhami oleh nilai-nilai islam. Sementara itu, H. Halide berpendapat bahwa yang di maksud dengan ekonomi islam ialah kumpulan dasar-dasar umum ekonomi yang dii simpulkan dari Al-Qur’an dan sunnah yang ada hubungannya dengan urusan ekonomi (dalam Daud Ali, 1988:3).Sistem ekonomi islam adalah sekumpulan dasar-dasar umum ekonomi yang di simpulkan dari Al-Qur’an dan sunnah, dan merupakan bangunan perekonomian yang di dirikan atas landasan dasar-dasar tersebut yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan masa.Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam:
  1. Islam mengakui pemilikan pribadi dalam batas-batas tertentu.
  2. Berbagai sumber daya dipandang sebagai pemberian atau titipan dari Allah swt 
  3. Penggerak utama ekonomi Islam adalah kerja sama..
  4. Ekonomi Islam menolak terjadinya akumulasi kekayaan yang dikuasai oleh segelintir orang saja.
  5. Ekonomi Islam menjamin pemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan banyak orang.
  6. Seorang mulsim harus takut kepada Allah swt dan hari penentuan di akhirat nanti.
  7. Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas (nisab)
  8. Islam melarang riba dalam segala bentuk.
Ciri-ciri Ekonomi Islam:
  1. Aqidah sebagai substansi (inti) yang menggerakkan dan mengarahhkan kegiatan ekonomi
  2. Syari’ah sebagai batasan untuk memformulasi keputusan ekonomi
  3. Akhlak berfungsi sebagai parameter dalam proses optimalisasi kegiatan ekonomi
Konsep ekonomi kapitalis di mana sumber kekayaan itu sangat langka serta mempunyai batas harus di peroleh dengan cara bekerja keras di mana setiap pribadi boleh memiliki kekayaan yang tiada batas. Dalam sistim ekonomi kapitalis perusahaan di miliki oleh perorangan. Terjadi nya pasar (market) dan terjadinya demand and supply adalah ciri khas dari ekonomi kapitalis. Keputusan yang diambil atas isu yang terjadi seputar masalah ekonomi sumbernya adalah dari kalangan kelas bawah yang membawa masalah tersebut ke level yang lebih atas.sistem ini bertentangan dengan prinsip islam yaitu serakah.Rasulullah SAW bersabda:
عليك بالاياس بما في ايدي الناس واياك والطمع فانه الفقر الحاضر. ( رواه البيهقي 
“Hendaklah kamu berputus asa dari segala apa yang ada pada tangan orang lain, dan jauhilah tamak karena sesungguhnya tamak adalah suatu kefakiran yang nyata.” (HR. Bukhari)
Berbeda dengan ekonomi sosialis,sumber kekayaan itu sangat langka dan harus di peroleh lewat pemberdayaan tenaga kerja (buruh), di semua bidang, pertambangan, pertanian, dan lainnya. Dalam sistem Sosialis, semua Bidang usaha dimiliki  dan diproduksi oleh Negara. Tidak terciptanya market (pasar) dan tidak terjadinya permintaan dan penawaran, karena Negara yang menyediakan semua kebutuhan rakyatnya secara merata. Perumusan  masalah dan keputusan di tangani langsung oleh negara.sistem ini juga tak memenuhi prinsip keadilan.Sementara Islam mempunyai suatu konsep yang berbeda mengenai kekayaan, semua kekayaan di dunia adalah milik dari Allah SWT yang dititipkan kepada kita, dan kekayaan yang kita miliki harus di peroleh dengan cara yang benar.  Dalam Islam yang ingin mempunyai perusahaan harus mendapat kan nya dengan  usaha yang keras untuk mencapai yang nama nya Islamic Legal Maxim, yaitu  mencari keuntungan yang sebanyak banyak nya yang sesuai dengan ketentuan dari prinsip prinsip syariah. Yang sangat penting  dalam transaksi Ekonomi Islam adalah tidak ada nya unsur Riba (interest) Maisir (judi) dan Gharar (ke tidak pastian).Didalam ekonomi islam kekurangan pada ekonomi kapitalis dan sosialis tidak terdapat di dalamnya.sedangkan kelebihan pada ekonomi kapitalia dan sosialis terdapat pada ekonomi islam

If You Like This Post, Share it With Your Friends

0 komentar:

Post a Comment

 
Blogger Templates